Beasiswa Sobat Bumi Pertamina

Beasiswa - Update terbaru info beasiswa Juni 2014. Pertamina Foundation kembali membuka Pertamina Beasiswa Sobat Bumi. Pada tahun ketiga penyelenggaraannya, beasiswa ini diperuntukkan untuk mahasiswa jenjang S-1 dari beragam disiplin ilmu di 24 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Program Beasiswa Sobat Bumi ini terbuka bagi para mahasiswa yang sudah menempuh semester empat dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3,01. Pendaftaran program ini dibuka mulai 16 Juni hingga 12 Juli 2014.

Nantinya, penerima beasiswa berhak menerima penggantian biaya pendidikan setiap semester, bantuan biaya hidup setiap bulan sebesar Rp500 ribu, dan bantuan penyusunan tugas akhir. Selain itu, para penerima Beasiswa Sobat Bumi juga diberi kesempatan untuk mendapatkan pengalaman kerja di perusahaan yang berafiliasi dengan PT Pertamina (Persero).
Asisten Manajer Corporate Social Responsibility (CSR) Bidang Pendidikan PT Pertamina (Persero), Ernayetti mengatakan, tantangan yang dihadapi generasi muda saat ini sangatlah kompleks. Kelestarian lingkungan hidup merupakan salah satunya.

"Guna mewujudkannya, bekal pendidikan saja tidaklah cukup. Diperlukan kesadaran dan kepedulian tinggi terhadap pelestarian lingkungan hidup. Aspek inilah yang hendak kami sentuh melalui pemberian Pertamina Beasiswa Sobat Bumi," ujar Ernayetti, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Rabu (18/6/2014).

Melalui beasiswa ini, Erna berharap, akan terbentuk calon pemimpin masa depan yang memiliki kapasitas keilmuan mumpuni dan ditunjang dengan wawasan, serta kepedulian tinggi terhadap lingkungan.

Selain itu, Direktur Eksekutif Pertamina Foundation, Nina Nurlina Pramono berharap, akan semakin banyak mahasiswa penerima Beasiswa Sobat Bumi yang dapat menjadi agen perubahan dalam bidang lingkungan bagi komunitas di sekitarnya. Dia berharap, inisiatif, pola-pikir dan sikap tindakan positif akan tertular pada ruang lingkup masyarakat lebih luas lagi.

"Dengan demikian akan timbul kesadaran luas akan pentingnya pelestarian lingkungan hidup di tengah-tengah masyarakat. Namun, semua hal ini tentunya dibarengi dengan sikap dan tindakan untuk terus menomersatukan pendidikan," ucapnya.

Tahun ini, dana yang dialokasikan oleh Pertamina Foundation lewat program Pertamina Beasiswa Sobat Bumi mencapai Rp4,5 miliar. Sumber pendanaan program ini berasal dari pemanfaatan dana CSR Pertamina yang dikelola oleh Pertamina Foundation.

Berbeda dengan program beasiswa lainnya, Pertamina Beasiswa Sobat Bumi tidak hanya memberikan bantuan dana untuk pendidikan akademik saja, tapi juga mengalokasikan anggaran program inisiatif yang diusulkan oleh penerima Beasiswa Sobat Bumi di seluruh Tanah Air yang tergabung dalam komunitas Sobat Bumi Indonesia. Setiap tahun, para penerima Beasiswa Sobat Bumi juga diberi fasilitas untuk melakukan pertemuan guna membahas inisiatif pemecahan masalah lingkungan yang ada.

"Ini sebagai ajang pembelajaran, agar mereka dapat mulai berkontribusi terhadap penyelesaian masalah-masalah lingkungan di sekitarnya," ungkap Direktur Pendidikan Pertamina Foundation, Ahmad Rizali.

Bagi kalian yang berminat, bisa mendaftarkan diri secara online dengan mengisi data lengkap di situs www.sobatbumi-indonesia.org. Selamat mencoba!

0 Response to "Beasiswa Sobat Bumi Pertamina"

Post a Comment