Ini Dia Daftar terbaru Beasiswa ke Belanda

Beasiswa - Belanda menjadi pilihan studi favorit banyak pelajar internasional. Di Negeri Kincir Angin ini, para pelajar internasional bisa memilih berbagai program studi, dari teknik hingga sejarah dan sastra.

Asyiknya lagi, pemerintah Belanda juga enggak pelit untuk urusan bantuan biaya studi. Setiap tahun, mereka rutin memberikan beasiswa kepada para pelajar internasional melalui berbagai skema. Beasiswa ini terbagi menjadi beasiswa penuh maupun sebagian untuk jenjang S-1 hingga S-3 atau program pendidikan tinggi lainnya.

Dikutip dari laman Universitas Andalas (Unand), Kamis (9/1/2014), ada beberapa skema beasiswa rutin dari Belanda, yaitu:

Netherlands Fellowship Programme (NFP)

Beasiswa ini merupakan program Kementerian Luar Negeri Belanda. Pendanaan beasiswa dilakukan melalui skema anggaran bidang pembangunan kerja sama.

NFP memiliki empat subprogram yaitu beasiswa untuk studi Ph.D., beasiswa untuk program gelar master, beasiswa untuk kursus singkat dan pelatihan tailor made.

Studeren in Nederland (StuNed)

Ini adalah program beasiswa yang bertujuan membantu pembangunan Indonesia melalui peningkatan sumber daya manusia pada institusi-institusi di Indonesia. Ada 200-250 beasiswa yang diberikan melalui program StuNed setiap tahun.

Beasiswa ini didesain khusus untuk mereka yang telah bekerja minimal dua tahun di tempat kerja terakhir. Profesional yang berasal dari institusi atau organisasi mitra dengan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda akan menjadi kandidat yang diprioritaskan, terutama jika mereka bekerja di luar Jawa.

Program studi yang dapat dipilih melalui skema beasiswa StuNed adalah yang menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris, misalnya master course, short course atau tailor made training. Prioritas bidang yang dapat dipilih adalah manajemen air (water management), ketahanan pangan (food security), sektor ekonomi (economic sector), sektor yudisial (judicial sector), dan hak asasi manusia (human rights).

Orange Tulip Scholarship (OTS)

Program ini berjalan berkat kerja sama sponsorship antara pemerintah Indonesia dengan institusi pendidikan tinggi dan perusahaan Belanda.

Selain ketiga beasiswa tadi, masih banyak beasiswa di Negeri Kincir Angin lainnya yang dapat dipilih seperti DIKTIPhD Scholarships Special Channel. Ada juga partial scholarship seperti Amsterdam Merit Scholarship, CentER Scholarship Tilburg University, DST fellowships, Erasmus Mundus Scholarship programme, European Master Fellowship, Hanze Scholarship dan HU Excellence Scholarship.

Nah, untuk informasi lebih lengkap, simak saja laman Neso Indonesia atau StuNed.

0 Response to "Ini Dia Daftar terbaru Beasiswa ke Belanda"

Post a Comment